Minggu, 04 September 2016

2nd Days of Shoetown Recruitment Process



28 Agustus 2016

Hari ini seharusnya mimin bisa pergi ke carrier days, namun karena pada pukul 3 pagi mimin dapat email karena lolos psikotes dan harus interview pagi ini, maka ke carrier days mimin urungkan kembali.
Oke ayo mulai cerita tentang tes kedua S*G penghasil sepatu contreng. Tes kedua adalah interview HRD, yaitu mbak-mbak/ ibuk-ibuk (tergantung bagian HRD nya siapa) dari bagian hrd akan nanyain segala macam ke kita, random banget jenis pertanyaannya, ada yang tentang kepribadian kita, ada yang tentang aktivitas kita, pengalaman kita, atau bahkan cerita sentimentil kita, biasanya akan lebih baik jika kita bisa in english. Enaknya interview hrd kali ini cuma satu demi satu, jadi ngga ada tuh sistem ditandingin sama peserta lain didepan seorang HRD..

Tahap ini akhirnya mimin lewatin dengan lumayan deg-deg an, kemudian langsung diberikan pengumuman siapa yang lolos untuk wawancara user, sebenernya pengumuman bakalan ngga secepat ini biasanya. Namun sepertinya perusahaan ini memang butuh orang cepet. Jadi mereka secepat mungkin proses rekruitmenny.
Daaaan, alhamdulilahnya mimin lolos untuk tes selanjutnya, tes itu adalah interview user, disini yang bakal wawancarain kita adalah manager-manager perusahaan itu, super duper deg-deg an mimin kali ini. Dan ternyata mimin dapet manager bule sehingga kudu full in english..

Hal yang digaris bawahi dalam interview user adalah poin poin yang mereka tanyakan antara lain :
1.       Siapa kita (perkenalin diri kita semenarik mungkin but tetep natural)
2.       Apa yang menjual dari kita sehingga mereka harus merekrut kita (ini sih njawabnya kayak kita punya softskill apa aja dan kemampuan teknik/akademis apa aja)
3.       Alasan mengapa kita memilih perusahaan mereka (jawabannya sih tergantung motivasi pelamar masing-masing, tapi standarnya sih bilang aja krena perusahaan bapak besar sehingga saya termotivasi untuk bisa lebih dapat banyak pengalaman, pelajaran, connection, relation, dst)
4.       Dan yang terpenting biasanya jika mereka sudah cukup yakin dengan kita maka akan ditutup dengan pertanyaan berapa gaji yang kita harapkan, nah disini biasanya proses deal-dealnya. Pastikan kalian sebelumnya udah searching standar gaji perusahaan tersebut, jangan terlalu tinggi ataupun rendah, sesuain sama siapa kalian (lulusan mana) dan apakah kalian fresh graduate atau udh berpengalaman.

Okedeh sepertinya itu aja pengalaman tes itu, alhamdulillahnya mimin lolos lagi tes ini, AYEEEE ! kemudian mimin dikasih tau untuk ikut briefing sebelum memulai kerja. Betewe busway, sebelom mimin taken kontrak sama perusahaan itu, masih ada waktu sebulan buat mimin mikir-mikir lagi dan buat liburan dulu 

1 komentar: