Sabtu, 03 September 2016

Career Days UGM (day 1) dan Tes Shoetown tahap 1




27 Agustus 2016
Yeay hari career days UGM 2016 tiba, ini hari yang ditunggu tunggu buat kaum penggangguran yang abis lulusan kayak aku ini. Padahal belum punya ijazah (karena belum wisuda) tapi bisalah cari kerja dengan modal SKL (surat keterangan lulus).

Nah untuk menyambut hari yang dinanti itu dari jauh-jauh hari aku udah daftar member ECC UGM dulu. Buat apa ? buat ngurangin antrian satu kepala (gue) dari setiap kerumunan stand di CD nanti..  loh kok bisa ? bisa dong, karena dengan jadi member ECC UGM kita jadi bisa daftar online, dapet notifikasi lowongan baru maupun panggilan test langsung ke email pribadi kita..

So, setelah daftar member aku langsung edit CV se menarik mungkin, dan langsung pilih2 perusahaan yang sesuai sama jurusan mimin. Kemudian beberapa temen mimin ngasih tau juga kalo berkas pendaftaran lebih cepet direspon perusahaan apabila daftar langsung ke Stand Carrier Days UGM, so mimin segera nyiapin nih berkas hardcopy buat dikumpul, saran ajasih, buat meminimalisir kerusuhan kalian ketika daftar jobfair, mendingan siapin berkas yang dibutuhkan dalam satu bendel untuk per perusahaanya. Apa aja sih yang disiapin ?

1.      1.  CV (curriculum vitae, nah tulis semenarik mungkin yang penting nggak alay ataupun nggak polos-polos amat, tunjukin kalo kamu kreatif tapi nggak norak)
2.     2. Ijazah, SKL, Transkrip legalisir (nggak usah dilegalisir sih gapapa, cuman beberapa BUMN mintaknya dilegalisir, so daripada mutung ngga jadi daftar, mending disiapin aja ya syantik)
3.       3. Application Letter (surat lamaran lah, bisa search di google untuk liat contohnya, mimin saranin bikin 2 versi bahasa ya, inggris sama indonesia, jangan bahasa kalbu aja tapi)
4.      4.  Pas foto (mimin saranin ukuran 4x6 warna dibanyakin)

Nah trus dibendel jadi satu dan siap deh meluncur ke Carrier days UGM 2016 !! (ngiklanin banget).
*dalam mimpi sih udah bersiap meluncur, tapi apadaya, dipagi hari yang indah tiba-tiba notif email masuk ke hape mimin, CLING ! psychotest invitation guys !! *mimin seneng banget. Yaudah deh berhubung yang ngirimin invitation perusahaan yang lumayan bonafit yaa, karena penghasil sepatu bermerk centang, maka mimin segera deh dateng ke psikotesnya tanpa memperdulikan impian mimin buat ke carrier days.
Setelah masuk ke lokasi tes, mimin diterangin dulu profil perusahaan, trus mimin pandangin satu demi satu rupa-rupa pesaing mimin, kelihatannya kok berat ya . mmm mimin minder juga. BUT, test is started ! pertama-tama testnya kayak tes TPA campur test psikologis jaman SMA kayak buat nentuin jiwa kita tuh condong ke sifat apa atau bidang kerja apa.. banyak banget soalnya.. sekitar 15 soal x 8 bab..

Kemudian setelah mata udah perih dan letih, dikira mimin udahan yak tesnya, trus cus balik yaaak...
Ehhh ternyata tesnya ditutup dengan tes PAULI, you know that ? what the h**l lah... itu lembaran segede bapaknya koran isinya cuma angka dan kita disuruh ngitung tambahan2an.. pokoknya di pauli yang diukur itu adalah kecepatan berpikir dan konstan nggak stamina kita. (kata temen mimin yang skripsinya pake pauli). Semua tes tadi durasinya 4 jam loh sodara-sodara, jadi mimin saranin buat makan dan minum serta istirahat yang cukup sebelum ikut tes-tes begituan.. satu lagi adalah, selalu siapin minuman di samping kita pas tes, karena kalo otak udah agak kering, tuh glegek ajah botol minum, tapi ati2 jangan numpahin ke kertas tes nya.. (yeah all things have a risk).

Okedeh setelah tes mimin niatnya mo ke CD, tapi apadaya karena udah pul 17.00 WIB, GSP nya udah tutup .. yaudah deh mimin ganti rencana buat ke CD tanggal 28 nya ajah..
*betewe busway, mimin bersyukur hari ini gajadi ke CD, karena kata sodara mimin yang kesana... hari pertama membludak banget pengunjung nya. alhasil didalem cuma sesek2an, bete-betean, bunuh2an (eh nggak deng) ya gitulah. So mimin saranin, dimanapun jobfair nya mending dateng pas jam-jam kira2 orang males aja, contoh jam makan siang or jam yang mau tutup. Wkwk but resiko tetep ditanggung penumpang ya, kalau si Stand perusahaan yang kalian mau juga ikut makan sian atau tutup duluan..

Oke deh cukup reviewnya buat seharian ini, besok mimin crita lagi ya. Berhubung mimin dapet notif isinya lolos tes psikotes, so mimin mo nyiapin buat besog hihihi. Ternyata mimin pinter juga. Gasalah deh jomblo.. eehhh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar